Emotional Brand = The Ultimate Stage of Brand? (14.02.08)

Emotional Brand = The Ultimate Stage of Brand?

 

Okay, saya tahu ttg life cycle brand dan jika sudah secara emosional terikat dengan brand maka customer kita sudah seperti Evangelis. Ada banyak contoh ttg brand brand yang menjadi heritage dan sudah masuk fase emotional brand. Pertanyaannya apa iya saat Brand sudah menjadi emotional brand maka itu adalah puncak dari stage of brand? Than what? Just maintaining?

 

Hmm, banyak memang factor yang menguntungkan kita saat customer terikat secara emosional dengan brand kita seperti Evangelis, mereka akan menjadi brand advocate kita. Bahkan mereka akan menjadi freelance Promotor untuk brand kita. Tak heran sekarang kita lihat, banyak iklan yang menjurus kesana. Banyak brand sibuk membuat iklan-iklan yang menyentuh emosional pemirsa. Mulai dari ice cream, pembalut, pembersih wajah bahkan pesawat terbang pun melakukan sama.

 

Apakah ada stage diatas Emotional Brand? Tidak ada karena kita tidak tahu? Atau Tidak ada karena kita sudah puas dengan prestasi kita membuat emotional brand? Atau memang kita kurang explore?

 

Let’s check, apakah emotional brand is the ultimate stage? Atau jangan-jangan itu adalah the beginning of the next journey of the brand.

 

Mungkinkah pada tahap Emotional Brand itu ada tahap menjadi Emotional Brand yang menjadi seperti basic product again? Jadi semacam naik level with the same brand stage cycle.

 

Menjadi Emotional Brand dan jika pada fase itu hanya maintaining, persis seperti Klimaks Lomba Lari yang seru saat berlomba dan gembira saat jadi juara dan selebihnya Jadi Juara Lomba menjadi hal yang biasa dan tidak istimewa lagi. Semua penggemar sudah mengasosiasikan Lomba itu dengan kita sebagai sang juara tak terkalahkan. Tapi daya tarik atas lomba itu menjadi berkurang karena sudah yakin siapa yang juara. Is it what we want?

 

Or my be it’s better being a regular brand with non emotional approach with an emotional impact. Simplenya seperti Jam tangan yang ada di tangan kita. That’s a regular thing (standard) but once it’s not there, you will look around the world to find it.

 

Emotional Brand = The Ultimate Stage of Brand?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s