Surf 12 Tangan vs Attack 10 Tangan = The Power of Marketing Intelligent? (21.12.07)

Surf 12 Tangan vs Attack 10 Tangan = The Power of Marketing Intelligent?

 

Ingat Kucek-kuceknya Om Farhan? Yap itu adalah iklan dari Surf dengan tema 12 Tangan. So apa istimewanya? Yang istimewa adalah beberapa hari kemudian iklan Attach dengan 10 Tangan nya keluar. (CMIIW)

 

Nah loh, dari USP nya aja Attack udah kalah 2 Tangan tuh. So what happening now? Attack yang tetap nekat jalan dengan 10 Tangan nya? Atau Surf yang “mencuri” start dengan 12 Tangannya?

 

Saya kurang tau siapa yang duluan dan siapa yang belakangan. Namun jika ini bukan sebuah kebetulan, maka ini bisa kita sebut sebagai kekuatan dari Marketing Intelligent (MI). Yap! Informasi-informasi rahasia mengenai pergerakan competitor.

 

Hmm, jika itu yang terjadi maka “kasihan” sekali Attack. Dihajar di saat-saat terakhir. Ini mengingatkan kita bagaimana perang MI antara Pepsi vs Coca Cola, McClaren vs Ferari dan banyak lagi perang MI yang sangat keras dan frontal.

 

Kita tidak membahas soal etis atau tidak etis dan tidak juga soal bajak membajak executive, but let’s focus on Marketing Strategy. Karena seberapa penting pun sebuah informasi jika tidak mampu dieksekusi sama dengan sampah.

 

Terlepas soal benar atau tidaknya opini diatas ttg kegiatan MI yang dilakoni Surf dan Attack. Ada pertanyaan yang harus kita bahas. Seberapa penting sebenarnya MI ini? Apakah tiap departemen Marketing sudah memiliki section MI? jika ini sangat significant menggenjot performance, kenapa jarang sekali (atau tidak ada) kita lihat ada MI manager? Atau ini seperti 007 James Bond? Ada secara berita tapi tidak ada secara formal.

 

Mungkin Pameo : Dekati Lawanmu seperti Keluargamu maka engkau akan bisa menaklukkannya tanpa berperang. Ada juga benarnya.

 

So apa yang harus Attack Lakukan sekarang? Tetap dengan 10 Tangannya yang jelas-jelas kalah dengan 12 Tangan Surf? Atau ganti USP? Atau…… (saran saya) seperti AMD vs Intel. Challenge Surf in Open Competition and let’s the facts talk. Lebih baik daripada pasrah..

 

Surf 12 Tangan vs Attack 10 Tangan = The Power of Marketing Intelligent?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s