Fix Point : Lucky Dip vs Undian (06.01.09)

Lucky Dip vs Undian

pk040710_luckdip_thumbBanyak banget sekarang yang ngasih hadiah kepada consumer dan customer. Mulai dari BMW, Range Rover hingga sekelas dapet duit Rp.500,-. Ada yang ngasih ke semua pembeli namun ada juga yang ngasihnya ke pembeli tertentu.

Nah sebenernya buat customer dan consumer ini gimana ya.. bayangkan punya nasabah jutaan orang. Tapi hadiah yang dikasih Cuma ribuan! Artinya kurang dari 10% yang menikmati dan yang 90% lagi harus membiayainya.

Nah adalagi yang ngasih kesemua consumer dan customernya.. cuman ya itu tadi.. hadiahnya jauh dari significant..

Belum lagi kalo ada aturan : yang punya terbanyak yang punya kesempatan menang lebih besar.. wah ini artinya kalo punya daya beli atau daya tabung yang kecil, ga usah mimpi deh.. atau siapa aja bisa menang, nah ini bisa bikin yang loyal jadi sirik wong udah jadi nasabah dari banknya baru buka kok yang menang malah yang baru jadi nasabah…

Fix Point : Apa perlu kita bikin sistem loyalitas kayak perusahaan aja? Jadi ada jenjang reward berdasarkan tahun loyalnya? Hmmm Lucky Dip? Undian? Kepuasan consumer & customer?

Advertisements

One comment on “Fix Point : Lucky Dip vs Undian (06.01.09)

  1. bugner says:

    hem.. hadiah dan hadiah, saya juga bingung kenapa cara yang udah rada uzur ini masih aja dipakai beberapa perusahaan dalam mempromosikan produk atau jasanya.

    Apa karena ini adalah cara paling gampang dan murah dalam berpromosi? Untuk bank misalnya dari tahun ketahun undiah berhadiah selalu saja menjadi strategi utama dalam promosinya bukan justru core-nya sendiri yaitu investasi (gain) dan kemamanan investasinya. Mungkin hal ini karena biaya untuk beli hadiah jauh lebih murah dan mudah diimplementasikan bayangkan aja bila dibanding harus memperbaiki layanan dengan memperluas channel/kantor cabang atau menaikkan suku bunga tentu jauh lebih mahal bila dibandingkan hanya dengan mengeluarkan 10 unit mobil mewah plus biaya advertisingnya.bayangkan jika total funding bank nya Rp. 10 Triliun saja jika berani menaikkan bunga (memberi keuntungan) 1% aja berarti dia sudah kehilangan Rp. 100 miliar tentunya akan jauh lebih untung bagi mereka jika memberi 10 unit mobil mewah …

    Effektifkah program promo berhadiah mereka, nggak tau yach mungkin perlu ada riset kali untuk hal ini. Kalau saya sendiri sebagai konsumen nggak begitu tertarik dengan program undian karena sangat nggak pasti – untung-untungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s