Extra Joss Shop Sign : Just for Awareness, Brand Recognition or for Sales Influencer? (22.07.08)

Extra Joss Shop Sign : Just for Awareness, Brand Recognition or for Sales Influencer?

 

Akhir-akhir ini diwarung-warung terlihat sebuah Shop Sign yang yang menarik perhatian. Tidak hanya soal ukurannya yang memang extra besar atau warna kuningnya yang menyolok. Namun juga karena konsep dari Shop Sign nya itu sendiri.

 

Gelas dengan visual air yang dipenuhi dengan Extra Joss semakin lengkap dengan tulisan “Isi Energy Anda Disini” dibawah gelasnya. Cat warna kuning yang menjadi ciri khas Extra Joss menghiasi seluruh dinding warung tersebut. Hmm.. Rasanya setiap orang yang lewat dijalan ini pasti pernah melihat Shop Sign ini.

Yap, Extra Joss (XJS) secara agresif kini mulai memasang Shop Sign seperti ini diwarung-warung yang menjual XJS. Kira-kira apa ya tujuannya?

 

Hmm… Apa sih fungsi Shop Sign (SS) itu?

 

Pada awalnya SS itu hanya berupa bantuan dari principal kepada warung dalam rangka membentuk hubungan yang mutualisme. Warung butuh papan nama alias SS dan Prinsipal butuh wadah untuk Awareness. Kemudian, semakin berkembang, SS kemudian berfungsi sebagai tanda keberadaan bahwa produk kita dijual disini. Dan terus dengan semakin berkembangnya kompetisi, maka mulai dikenal dengan Kontrak. SS dipasang sebagai tanda bawah Produk kita punya perlakuan istimewa ditempat ini (Recognition atau Pengakuan).

 

Tujuannya apa? Let’s Check it one by one:

Awareness, Ini adalah fungsi basic dari semua SS. Agar bisa dikenal oleh semua. Ga lucu kan, udah pasang SS tapi ga ada yang aware hehehehe.. yah minimal yang sering datang kewarung lah. Bentuk dasar dari SS yang hanya bertujuan awareness bisa banyak dilihat dihampir semua warung atau toko. Biasanya hanya berupa 70% Brand dan 30% space untuk Nama Toko atau Warung. Pada tahap ini, biaya yang dikeluarkan untuk membuat SS adalah 70% Relationship dan 30% Biaya (bisa dalam bentuk uang ataupun VVSP – Very Very Special Price)

 

Brand Recognition, SS yang memiliki objective sebagai Recognition, mulai terlihat esklusif, bisa dari bahan atau ukuran dari SS itu sendiri. Biasanya diikuti dengan pengecatan dinding atau dekorasi didalam Warung atau Toko itu sendiri. Dan diikuti dengan minim atau tidak adanya ekspose yang diizinkan untuk competitor dari produk itu sendiri. Ditambah lagi special display dari Produk tersebut. Pada tahap ini biaya yang dikeluarkan untuk membuat SS tersebut adalah 70% Cost dan 30% Relationship.

 

Sales Influencer, Nah ini sebenernya adalah ultimate objective dari SS. Yaitu sebagai pendorong customer atau consumer untuk membeli produk kita. Ya biar gimana ini kan ujung-ujungnya biaya. Artinya sebuah SS harusnya bisa mendorong orang membeli lebih banyak dari pada sebelum ada SS tersebut ada. Dan semakin kecil ratio biaya SS dibandingkan Sales yang dihasilkan maka semakin bagus.

 

Agar bisa jadi Influencer, maka SS harus Bisa memancing Awareness, jika berhasil maka step berikutnya adalah memancing Trial artinya Ketersediaan Produk disetiap outlet yang ada SS nya Wajib ada. Trial adalah MOM alias Moment of Truth dari produk tersebut. Apakah “Tulisan Isi Energy Anda Disini” bisa dihasilkan atau tidak saat mencoba Extra Joss?

 

Kombinasi Awareness + Recognition dan Perceived Value akan menjadikan SS sebagai Sales Influencer.

 

Hmm.. Extra Joss Shop Sign : Just for Awareness, Brand Recognition or for Sales Influencer?

Advertisements

2 comments on “Extra Joss Shop Sign : Just for Awareness, Brand Recognition or for Sales Influencer? (22.07.08)

  1. david says:

    Ketiganya semuanya berkaitan, terpenting tujuan akhirnya tercapai.
    Good analize, be to improve uniq design can icrease consumen for SS? Its true?

  2. kawi says:

    Ide Bintang Toedjoe memang selalu segar , creative dan menarik seperti konsep iklan2 lainnya. Sedikit komentar dari saya, bahwa penggunaan logo ExtraJOss pada shosign gelas itu harus ada , tidak bisa stand alone with glass itself only.

    Bila tanpa logo, sekilas akan seperti produk minuman alkhohol dan akan mejadikan image rumah makan sebagai penyedia produk tersebut. Barangkali perlu lebih banyak dummy glass tsb (wah..tambah obyekan buat outdoor agency nieh..) supaya lebih ’embedded’ pada benak konsumen sebagai brand recognition-brand awareness-dan -sales influencer tentunya.

    sukses buat shopsign..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s