Berebut Pasar B.A.B = Vitacharm vs Activia, Vegeta? Yakult? (21.05.08)

Berebut Pasar B.A.B = Vitacharm vs Activia, Vegeta? Yakult?

 

Masih fresh dimana sekitar 2 bulan (maret) lalu kita via milis Marketing Club membahas ttg Activia yang masuk ke positioning sebagai memperlancar BAB, Untuk Yoghurt, Positioning ini mejadi Blue Ocean..hehehhe.

 

Anyway, setelah vitacharm yang baru-baru ini mengganti komunikasinya menjadi ikut memperlancar BAB, Kompetisi di dunia BAB kini menjadi semakin rame. Yap, Setelah Vegeta dengan seratnya kini Yoghurt menjadi penantang baru yang cukup kuat dalam kategori ini. Kalo mau ditilik secara makro, pemain dalam Kategori BAB ini ternyata menjadi lintas Produk Category.

 

Mulai dari Obat, Jamu, Larutan Penyegar, Larutan Serat hingga Yoghurt. Range Harga dari 2000an hingga 3000an. Dari Perusahaan skala kecil hingga skala International.

 

Pertanyaannya adalah seberapa besar Volume dari Category BAB ini? Dan apakah Category BAB ini menjanjikan pertumbuhan secara vertical (ke New Market) atau Horizontal (peningkatan usage) atau malah dua-dua nya?

 

Nah, Jika beramai-ramai pada pindah ke BAB, maka trus gimana nasib si Yakult? Menang sendirian dong hehehehhe atau malah kegilas karena Positioningnya hanya soal jumlah kandungan bakteri didalam yoghurtnya aja?

 

Hmmm….

Ini jadi salah satu Kategori yang diserbu dengan berbagai category product.. setelah Minuman berkarbonasi vs Teh vs air Mineral

 

Berebut Pasar B.A.B = Vitacharm vs Activia, Vegeta? Yakult?

Advertisements

13 comments on “Berebut Pasar B.A.B = Vitacharm vs Activia, Vegeta? Yakult? (21.05.08)

  1. Aji says:

    Menurut saya, Yakult masih punya konsumen setia dan masih punya distribusi yang bagus dengan “yakult ladies” nya.
    Hasil survey kecil-kecilan yang saya lakukan mengenai jenis yogurt di jakarta dan bandung menempatkan Yakult sebagai brand yang paling dikenal oleh konsumen… Menurut saya Yakult telah sukses mengedukasi konsumennya.

    Tolong sharingnya ya pak.. Soalnya tugas saya di kampus juga tentang topik ini.

  2. chocho says:

    Yakult tidak tergilas, karena justru produk ini sudah lebih dulu ada dibanding produk-produk yang lain. Dan salah satu manfaat dari mengkonsumsi Yakult secara rutin adalah “membantu menjaga kesehatan pencernaan” dan itu diperoleh dari keunggulan bakterinya.

  3. Tina says:

    Benar, memang Yakult masih mempunyai positioning yang kuat untuk minuman kesehatan. Tapi menurut teori Marketing Warfare, market leader tidak boleh berdiam diri ketika musuhnya aktif offensif. Apalagi musuhnya ada 2 (VitaCharm dan Activia). Bersiap2lah bernasib sama seperti Lipovitan (yang tergilas oleh Kratingdaeng) atau sikat gigi manful (yang tergilas oleh Formula).

    Mengenai pasar BAB, dulu memang dipegang oleh Vegeta. Tapi karena produk ini pernah diisukan tidak bagus, membuat konsumen tidak punya pilihan lain selain minum obat pencahar.
    Yogurt merupakan alternatif yang sangat bagus dan tidak mempunyai efek samping. (Sampai sekarang saya search di internet, tidak ada sedikitpun efek buruk yang ditimbulkan dari Yogurt ataupun minuman probiotik.)

    Apalagi dengan banyak berita yang menyebarkan efek buruk jika kita tidak bisa BAB (dari konstipasi, gangguan kulit sampai kanker usus besar) maka kebutuhan market akan semakin besar terhadap produk yang bisa memberikan solusi BAB.

    Jadi menurut saya, market BAB ini sangat besar potensinya. Terima kasih.

  4. rindang says:

    yakult? saya minum dua…hehe

  5. poili says:

    soal mutu produk saya kurang begitu paham, tp soal strategi marketing yang langsung dari produksi ke kansumen melalui tahap-tahap edukasi para perantaranya (sales)yang sangat inten maka saysa yakin yakult tidak akan mudah tersaingi.

  6. QORI says:

    klo efeknya pada pencernaan bayi gimana? bolehkah yakult dikonsumsi bayi?

  7. fiska says:

    kalo di siklus hidup produk, yakult masih berada di posisi growth gk si??
    secara pesaingnya kan masih aktif, n yakult sendiri masih tetep mengedukasikan pelanggannya…
    menurut anda??

    • Hi Fiska,
      Secara Kategori bisa dibilang masih tumbuh ya, indikasinya mungkin bisa dilihat dengan masuknya pemain pemain baru seperti danone dengan milkuatnya yang paling gress..
      Secara brand activity, Yakult sendiri masih sangat aktif mengirim SPG2 (saya kurang tau apakah ini official atau tidak, namun menggunakan seragam yakult) dilapangan untuk jualan Yakult. Untuk Spreading productsnya, di Indomaret dan Alfamart masih ada chiller khususnya Yakult.
      Jadi briefnya masih “hidup” dilapangan dan terus mencoba mengail sales dimana-mana.
      Namun bicara growth atau tidak, saya belum berhasil mendapatkan datanya mbak.

  8. roy says:

    yakult tetap no 1 di dunia dan belom ada yang menandingi karena bakterinya yng bagus dan baik untuk pencernaan

  9. Balas Lagi says:

    All, Indomaret di tempat saya sudah vitacharm

  10. dyaz says:

    kl menurut sya sih, yakult msh lebih baik yang pertama dari sloganx ” sya minum 2″ dengan isi 5 kl g slah harga sktar 7rb di kaltim,truz mudah didapat warung maupun toserba,dibndingkn activia
    kedua,yakult lebih gmpang dikonsumsi dan cpt,tinggal glek,hbis buang..sedangkn activia perlu sndok,vegeta:sndok,gelas dan air.
    efisiensi product jg berpengaruh pda tingkat penjualan.
    hehehe..setwq sih

  11. mau tau dong market share dan market leader yakult ?
    mohon pencerahannya yaaa 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s